Institut Teknologi Sepuluh Nopember

TEKNIK FISIKA

Senin, 08 Desember 2014

Gunung Semeru

Gunung Semeru atau dikenal juga sebagai Mahameru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung berapi teraktif yang ada di Indonesia. Salah satu keunikan dari gunung ini ialah kawahnya selalu mengeluarkan letupan secara berkala setiap 15 – 20 menit sekali, menimbulkan kepulan asap abu bahkan kadang-kadang bercampur batu kerikil ke udara. Pemandangan yang ditimbulkan sangatlah spektakuler. Untuk dapat mendaki ke puncak Mahameru diperlukan persiapan fisik dan logistik yang matang, juga pengetahuan pendakian yang memadai, bayarannya ialah anda akan mendapatkan pemandangan yang spektakuler dan pengalaman yang tak akan terlupakan.Apabila anda sudah yakin akan melakukan pendakian, sebaiknya anda mencari informasi sekaligus mendaftar ke Kantor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jl. Raden Intan No. 6, PO Box 54, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Atau untuk yang sudah berpengalaman bisa mendaftar langsung ke pos penjagaan yang ada di Ranupani. Sebagai catatan gunung ini pada waktu-waktu tertentu sering ditutup untuk pendakian karena alasan keselamatan. sekarang saya jelaskan rute perjalanan menuju pos perijinan gunung semeru.
Rute ini merupakan rute perjalanan ke Gunung Semeru yang paling mudah dilalui. Selain hemat waktu, kita juga akan mudah mendapatkan kendaraan yang dapat kita gunakan untuk menuju Gunung Semeru. Karena Anda menanyakan rute dari Jakarta, saya akan gambarkan rute yang paling lengkap dari Jakarta menuju Gunung Semeru via Malang.
Dari Jakarta kita mempunyai beberapa opsi kendaraan umum yang dapat kita gunakan. Opsi pertama via darat dengan menggunakan Kereta atau Bus. Opsi berikutnya menggunakan Pesawat, opsi ketiga ini saya pikir terlalu extrem dan membutuhkan banyak biaya.
Bagi kita yang sudah pernah baca novel (nonton film) 5cm, pastilah kita lebih familiar dengan nama Kereta, bukan bus atau pesawat. Dan saya juga sangat menyarankan kepada Anda untuk menggunakan kereta api saja, lebih ekonomis dan hemat waktu.
1. Jakarta - Stasiun Kota Baru Malang (satu malam, 18-20 jam)
Naik Kereta Api, ada dua pilihan :
- Gajayana. Kelas bisnis, berangkat dari Stasiun Gambir pukul 17:15 WIB. Harga tiket sekitar Rp. 300.000 - 400.000.
- Matarmaja. Kelas Ekonomi. Berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 14.00 WIB. Harga tiket Rp. 51.000). Karena sekarang pemesanan tiket kereta semakin susah, saya harapkan Anda memesan tiket pada jauh-jauh hari(H - 30 lebih baik). Ingat pemesanan tiket harus sesuai dengan KTP Anda.
2. Dari Stasiun Kota Baru Malang - Tumpang (1,5 - 2 jam)
Bisa langsung carter angkot ke Pasar Tumpang jika punya dana lebih atau banyak rombongan. Alternatif berikutnya dari Stasiun Kota Baru Malang naik angkot ke Terminal Arjosari, dari Terminal Arjosari dilanjut dengan naik angkot warna putih dengan tulisan TA menuju Pasar Tumpang.
3. Dari Tumpang - Ranupane (2 - 3 jam)
Naik Jeep, Truk, Mobil Sayur atau ojek sepeda motor (tidak disarankan). Kalau menurut saya lebih asyik menggunakan Jeep. Harga sewa Jeep sekitar Rp. 500.000 untuk satu kali jalan (Tumpang-Ranupane/ Ranupane -Tumpang). Satu kali jalan Jeep maksimal bisa menampung 15 orang, jadi per orang kena biaya sekitar Rp. 35.000. Di depan Alfamart Tumpang sudah ada mas-mas yang stand by untuk mengurus Jeep.
apabila anda ingin berpetualang di gunung Semeru & berdiri di puncak tertinggi di pulau jawa tetapi tidak ingin terlalu bersusah payah dengan beban berat dan perencanaan & pengetahuan alam bebas yang banyak, karena sudah banyak tersedia jasa yang menyediakan paket pendakian + logistik, guide dan porter yang akan membantu selama pendakian anda. jika anda berminat silakan kunjungi salah satu penyedia jasa paket pendakian.

0 komentar:

Posting Komentar