Institut Teknologi Sepuluh Nopember

TEKNIK FISIKA

Rabu, 17 Desember 2014

Pantai Watu Dodol

Ketika memasuki Kota Banyuwangi pasti anda akan menemukan sesuatu yang unik dan mampu mencuri perhatian anda. Watu Dodol merupakan objek wisata yang berada di pintu masuk Kota Banyuwangi. Letaknya di pinggir pantai, dan tak lupa dihiasi patung Gandrung yang merupakan ikon Kota Banyuwangi.



Objek wisata Pantai Watu Dodol sangat mudah diakses menngingat letaknya yang berada di pinggir jalan perbatasan antara Kota Situbondo dan Banyuwangi. Yang membuat khas dari pantai ini, di depan pintu masuknya terdapat batu besar yang ada di tengah jalan.


Watu Dodol merupakan batu karang berwarna hitam yang sangat keras serta memiliki bentuk yang unik, yaitu bagian atasnya lebih besar daripada dasarnya. Pada bagian selatan sisinya, tumbuh sebatang pohon kelor yang menambah keunikan batu tersebut. Meskipun dulu terlihat angker, tetapi kini Watu Dodol terlihat asri karena dihiasi taman sebagai jalur hijau.




Dari Pantai Watu Dodol kita bisa melihat Pulau Bali. Melihat kapal feri yang berlalu lalang dari pelabuhan Ketapang-Gilimanuk atau sebaliknya. Anda juga dapat mendaki bukit yang ada di sekitar Pantai Watu Dodol. Dari atas bukit inilah kita bisa melihat panorama selat Bali yang sangat indah.



Yang cukup mengherankan dari pantai ini adalah terdapat sumber air tawar yang ada di dekat pantai. Ketika air laut pasang, air asin dari laut bisa masuk ke dalam sumber air tawar. Namun herannya sumber air tawar ini tidak berubah rasa menjadi asin. Akhirnya penduduk setempat membuatkan batasan yang terbuat dari batu.

Ketika air surut anda bisa menuruni tebing dan menikmati kehangatan pasir pantai yang lembut. Jangan sampai lupa untuk mengambil momen ketika di dekat patung Gandrung yang merupakan ikon sekaligus tarian asli Banyuwangi.

AKOMODASI


Watu Dodol Hotel 

Jl. Raya Situbondo KM.14, Banyuwangi, Banyuwangi, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar