Institut Teknologi Sepuluh Nopember

TEKNIK FISIKA

Kamis, 18 Desember 2014

Pantai Sukamade Istana Para Penyu

Bosan dengan destinasi wisata pantai yang biasa-biasa saja? Jika anda mengunjungi Kota Banyuwangi, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Sukamade. Pantai ini tidak hanya memberikan anda keindahan alam, namun anda bisa melihat ratusan bahkan ribuan penyu di Pantai Sukamade ini. 


Pantai Sukamade ini terletak di wilayah Dusun Sukamade, Desa Barongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di wilayah Taman Nasional Meru Betiri dan juga salah satu Diamonds Triangle di Banyuwangi, setelah Pantai G-Land dan Kawah Ijen.


Pantai ini sudah menjadi istana bagi para penyu sejak ratusan tahun lalu. Para penyu biasanya ke darat untuk bertelur. Disini anda akan melihat secara langsung bagaimana penyu bertelur. Penyu betina biasanya bertelur hingga ratusan telur. Penyu betina ini meletakkan telur-telurnya di dalam pasir. Tapi anda harus sabar untuk menahan kantuk, karena para penyu biasanya bertelurpada malam hari. Biasanya waktu para penyu betina ke daratan pukul 19.30, dan akan kembalilagi ke laut pukul 24.00. Bulan November hingga Maret merupakan musim bertelur. Setelah para penyu betina ini bertelur barulah para petugas mengamankan telur penyu agar tidak dimakan predator.

Waktunya para bayi penyu menetas...
Pagi hari anda akan diberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Petugas akan mengantarkan bayi penyu yang sudah menetas ke pinggir pantai. Jangan khawatir anda akan diberi kesempatan pula untuk melepaskan para bayi penyu ke laut lepas. Biasanya ratusan bayi penyu yang sudah menetas akan dilepas secara alami. Bayi penyu dibawa dari penakaran dan dilepaskan di pinggir pantai. Para bayi penyu akan mecari jalan sendiri menuju laut. Pemandangan ini yang membuat anda gemas. Para bayi penyu ini sangat kecil dan lucu. Mereka berjalan menuju laut, ketika terhempas ombak mereka berusaha untuk melawan hempasan ombak itu.


Terlepas dari keindahan Pantai Sukamade, akses menuju pantai ini tidaklah gampang. Banyak yang mengatakan bahwa jalan yang dilalui cukup ekstrem. Disarankan ketika anda menuju pantai ini menggunakan mobil off road, karena jalan jalan yang dilewati berbatu dan berlumpur. Biasanya yang mendatangi pantai ini adalah wisatawan dari mancanegara. 

AKOMODASI

Bila waktu tak mengizinkan Anda untuk pulang malam hari dan Anda masih di Bandealit maka bermalamlah di salah satu pondok wisata. Yaitu berupa 2 rumah dengan fasilitas masing-masing 4 kamar tidur dan kamar mandi, tempat tidur springbed, air bersih, listrik (walau dipadamkan di malam hari), dan ruang tamu yang luas.
Di Pantai Sukamade tersedia penginapan 2 rumah panggung dengan 4 kamar dengan 2 tempat tidur di masing-masing kamarnya. Harga penginapan per malam hanya Rp 75 ribu dan bila ingin berkemah, terdapat camping ground di sekitar pantai.

1 komentar:

  1. Kami tantang para semua yang suka bermain judi online
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    secara gratis.
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    raja poker

    BalasHapus