Institut Teknologi Sepuluh Nopember

TEKNIK FISIKA

Sabtu, 13 Desember 2014

air terun sedudo

Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses. Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun in memiliki kekuatan supra natural. Lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender Jawa). Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.
Air terjun Sedudo tak hanya menebarkan keelokan dalam balutan kesejukan udara nan bersih dan segar, tetapi juga mitos yang menyatu dalam keyakinan masyarakat. Konon, siapa pun yang mandi di kolam atau di bawah air terjun bisa mendapatkan berkah keselamatan, awet muda, disembuhkan dari sakit yang dideritanya, dan naik pangkat. Dengan potensinya sebagai obyek wisata air dan wisata ritual yang sudah berlangsung turun-temurun, Pemerintah Kabupaten Nganjuk menempatkan air terjun Sedudo sebagai ikon dan primadona di wilayah itu. Air terjun Sedudo menjadi obyek wisata andalan daerah.
Obyek wisata Air Terjun Sedudo, selain indah, juga memiliki kisah yang panjang. Di zaman Majapahit, air terjun ini dikabarkan sering digunakan untuk mencuci senjata milik raja dan patung dalam upacara Prana Prasthista. Bahkan, Mahapatih Gajah Mada konon menggunakan lokasi air terjun untuk menggembleng prajurit. Pada zaman kerajaan Islam, Sedudo dikenal sebagai kawasan pertapaan Ki Ageng Ngaliman. penyebar agama Islam di wilayah Nganjuk. Karena itu, dalam perkembangannya, setiap bulan Sura selalu diadakan ritual mandi Sedudo atau siraman Sedudo yang diawali prosesi tarian oleh enam penari berambut panjang yang masih perawan alias dalam keadaan suci.
Alangkah baiknya jika anda ingin ke Air Terjun Sedudo anda mempersiapkan baju ganti, karena air terjun ini aman untuk dibuat mainan air bagi anak-anak sekalipun. Dinginnya air terjun Sedudo tidak menyurutkan antusias pengunjung berbasah-basahan. Bahkan, beberapa pengunjung malah mencoba berdiri langsung di jatuhnya Air terjun, saya pun telah mencoba kegiatan ini, bagi yang tidak kuat dingin jangan mencoba melakukan ini, karena air yang menimpa kepala seperti dinginnya es.
Fasilitas dan Penginapan Air Terjun Sedudo, Fasilitas yang dimiliki di tempat wisata ini umumnya cukup baik dan lengkap seperti ruang ganti, kolam tempat berendam atau berenang, toilet, tempat istirahat dan berbagai rumah makan serta toko cinderamata. Bagi yang membutuhkan tempat menginap telah tersedia villa dan juga tersedia hotel yang berada di sekitar kawasan ini. Jadi bagi yang berlibur disini bersama keluarga tidak usah kawatir untuk menginap di objek wisata ini.
Rute Menuju Air Terjun Sedudo, Untuk menuju lokasi objek wisata ini sangat mudah dijangkau dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum (seperti bus) maupun kendaraan pribadi dengan kondisi jalan umumnya baik dan beraspal mulus. Hanya saja, karena lokasinya di gunung, jalan menuju air terjun Sedudo cenderung menanjak, naik-turun, dan berkelok-kelok. Jika anda telah sampai di Kota Nganjuk, ikuti petunjuk arah yang telah banyak dipasang di jalan utama. Jika anda masih bingung silahkan bertanya penduduk setempat arah menuju Air Terjun Sedudo. (Wahyu)

0 komentar:

Posting Komentar