Institut Teknologi Sepuluh Nopember

TEKNIK FISIKA

Sabtu, 13 Desember 2014

Gua Maharani

SEJARAH
Gua maharani merupakan sebuah gua terletak di kecamatan paciran, kabupaten lamongan, Jawa Timur. Goa ini berada di kedalaman 25 meter dari permukaan tanah di mana rongganya memiliki luas 2500 m2. Goa ini dulunya ditemukan secara tidak sengaja tanggal 6 Agustus 1992 dan secara resmi disebut sebagai tempat wisata yang diresmikan oleh bupati lamongan pada tanggal 10 Maret 1994. Setelah diresmikan, sekarang banyak orang mengunjungi wisata gua maharani tersebut.
Di area Wisata Gua Maharani ini terdapat berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan para wisatawan yang berkunjung. Diantaranya ialah, tempat ibadah, ATM, klinik kesehatan, WC umum, area khusus untuk menyusui, area parkir yang luas, pedagang makanan dan juga toko souvernir yang menyediakan oleh-oleh yang khas. Ketika sudah memasuki tempat wisata gua maharani ini, pengunjung tidak diperbolehkan membawa tas, jaket, helm atau topi masuk ke dalam gua. Para pengunjung dapat menitipkan barang-barang tersebut ke penitipan barang yang tersedia di pintu masuk gua secara gratis. Di sana juga terdapat petugas bila ingin mengambil foto di lokasi dengan hasil foto Polaroid maupun biasa. Berwisata ke gua maharani tidak hanya mendapatkan kesenangan menikmati keindahan gua, tetapi di sekitar gua tersebut juga terdapat penjual buku tentang seluk beluk mengenai Gua maharani untuk menambah pengetahuan anda. Ketika anda mengunjungi wisata gua maharani, akan dimanjakan dengan pemandangan yang menakjubkan begitu anda masuk ke dalam gua ini. Di dalamnya mempunyai stalaktit dan stalakmit yang memancarkan sinar warna-warni yang sangat mengagumkan. Hal ini yang membuat wisata ke gua maharani berbeda daripada gua lainnya. Agar pengunjung dapat merasakan kenyamanan saat masuk ke dalam gua, di dalam gua diputarkan music yang dapat memantulkan lagu dengan irama yang lamban dan juga kipas angin agar suasana tambah segar.
AKSES JALAN
Untuk menuju ke wisata gua maharani yang letaknya di Tanjung Kodok, Kec Paciaran, Kab Lamongan, Jawa timur ini dapat di akses dari kota Surabaya maupun tuban menuju Lamongan karena gua maharani ini letaknya di tepi jalan perlintasan dari arah Gresik ke tuban. Jam buka gua ini setiap hari untuk umum mulai dari jam 07.30 sampai dengan jam 12.30 dan dibuka kembali pada jam 13.00 sampai dengan pukul 17.00. jarak dari Surabaya ke lamongan kurang lebih 60 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan dengan naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Sedangkan dari Tuban sekitar 30 km atau sekitar setengah jam dengan naik kendaraan pribadi maupun umum untuk sampai ke Lamongan.

0 komentar:

Posting Komentar